Archives

  • Lentera Arfak: jurnal Pendidikan dan Sains (July)
    Vol. 2 No. 1 (2023)

    LENTERA ARFAK: Jurnal Pendidikan dan Sains, edisi 2, nomor 2, tahun 2023, menerbitkan sepuluh makalah dari berbagai penulis dan instansi, meliputi kontribusi dari beragam negara. Pada edisi ini, tren penelitian berfokus pada tantangan dalam penyajian data diagram lingkaran di sekolah dasar, analisis faktor kesulitan belajar bahasa Inggris di MAN Manokwari, strategi pengajaran bahasa Inggris di STKIP Muhammadiyah Manokwari selama pandemi Covid-19, dan penggunaan media video pembelajaran berbasis Camtasia. Selain itu, terdapat studi tentang literasi statistis dalam pembelajaran matematika, pelatihan ekonomi kreatif di Papua Barat, serta strategi pemecahan masalah matematika, pendidikan karakter, teori Vygotsky, dan pembelajaran statistika. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi kemajuan pendidikan.

  • Lentera Arfak: jurnal Pendidikan dan Sains (July)
    Vol. 4 No. 1 (2025)

    Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan dan Sains, edisi 4, nomor 1, tahun 2025, menerbitkan sepuluh makalah dari beragam penulis dan instansi, yang mencakup kontribusi dari berbagai negara. Pada edisi ini, tren penelitian berkisar pada penerapan teknik inovatif dalam pendidikan. Tema utama meliputi peningkatan keterampilan menyimak melalui teknik dengar-cerita bergambar dan pemanfaatan obat tradisional dalam konteks pendidikan biologi untuk meningkatkan kesadaran kesehatan. Selain itu, terdapat penelitian mengenai strategi guru dalam membangun karakter disiplin siswa dan analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Temuan ini memberikan perspektif baru dan berharga bagi kemajuan pendidikan.

  • Lentera Arfak: jurnal Pendidikan dan Sains (December)
    Vol. 3 No. 1 (2024)

     Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan dan Sains, edisi 3, nomor 1, tahun 2024, menerbitkan sepuluh makalah dari beragam penulis dan instansi. Penulis berasal dari berbagai negara, memberikan perspektif global dalam dunia pendidikan. Pada edisi ini, tren penelitian mencakup penerapan diferensiasi dalam meningkatkan pemahaman konsep, analisis karakter dalam karya sastra, serta penggunaan media pembelajaran inovatif. Temuan-temuan ini memberikan wawasan mendalam tentang strategi pengajaran efektif, dengan fokus pada peningkatan keterampilan mendengar, pemahaman matematika, dan pembelajaran bahasa. Setiap artikel menawarkan kontribusi berharga bagi kemajuan pendidikan dan sains.