Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
Keywords:
Pendidikan karakter karakter siswaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter siswa dalam pembelajaran di SD Inpres 64 Wamfaura Manokwari, Papua Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal. Data yang dikumpulkan menggunakan wawancara yang mendalam, observasi, dokumentasi, dan data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui bahwa dalam menanamkan karakter pada peserta didik harus dilakukan dengan pembiasaan-pembiasaan melalui berbagai kegiatan, yaitu: (1) kegiatan rutin yang dilakukan siswa secara terus-menerus (kontinu) dan konsisten; (2) kegiatan yang dilakukan siswa secara spontan pada saat itu juga; (3) keteladanan merupakan perilaku, sikap guru, tenaga kependidikan, dan siswa dalam memberikan contoh melalui tindakan-tindakan yang baik sehingga diharapkan menjadi panutan bagi siswa lain; dan (4) pengondisian dengan cara menciptakan kondisi yang mendukung keterlaksanaan pendidikan karakter itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan, implementasi pendidikan karakter di sekolah tersebut dilakukan secara terintegrasi dalam semua mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan pembiasaan lainnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan inovasi-inovasi baru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran yang terkait dengan pembentukan karakter siswa.