Implementasi Teori Belajar Vygotsky Pada Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kelas VI Sekolah Dasar
Keywords:
Konstruktivisme Vygotsky, Teks EkplanasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi teori belajar konstruktivisme vygotsky pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, instrumen yang digunakan pada penelitian ini, adalah buku catatan dan peneliti sendiri. Hasil penelitian implementasi teori belajar konstruktivistik secara umum pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menulis teks eksplanasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan langkah langkah pembelajaran serta tidak terlepas dari beberapa faktor pendukung seperti metode, kepala sekolah, guru, dan sarana prasarana yang mencukupi. Selain faktor pendukung juga ada beberapa faktor penghambat dalam model pembelajaran konstruktivistik yakni kurangnya rasa percaya diri siswa pada awal penerapan model pembelajaran konstruktivistik. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat dari model pembelajaran konstruktivistik secara umum adalah guru mencoba membentuk sikap positif pada peserta didik seperti rasa percaya diri dan saling menghormati selain itu mengikutsertakan guru-guru untuk mengikuti pelatihan, workshop, dan pelatihan lai yang sejenis.