Media Video Pembelajaran Berbasis Camtasia Untuk Penanaman Konsep Luas Bangun datar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Etik Sekarwati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yulia Maftuhah Hidayati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anatri Destya Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Video Pembelajaran Camtasia Konsep Bangun Ruang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan video pembelajaran berbasis Camtasia untuk menanamkan konsep luas bangun datar pada siswa kelas IV SDN 03 Waru Kebakkramat yang berjumlah 24 orang. . Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan tes, kemudian dianalisis secara interaktif berdasarkan Milles dan Huberman. Instrumen tes berupa soal untuk mencari luas bangun datar persegi panjang. Peneliti menggabungkan data dari wawancara, observasi dan tes untuk menguji keabsahan data, yang disebut triangulasi teknik dan sumber. Menurut Sugiyono, triangulasi teknik dan sumber dilakukan dengan menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang ada untuk menguji validitas atau kredibilitas data. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dan orang tua cenderung lebih bias dalam memahami materi dengan adanya video pembelajaran. Hal ini dikarenakan dengan adanya video pembelajaran materi lebih konkrit serta penggunaannya lebih fleksibel baik untuk siswa maupun untuk orang tua

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Etik Sekarwati, Yulia Maftuhah Hidayati, & Anatri Destya. (2024). Media Video Pembelajaran Berbasis Camtasia Untuk Penanaman Konsep Luas Bangun datar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 28–33. Retrieved from https://jurnaljpsla.umpb.ac.id/index.php/LenteraArfak/article/view/6