Kesulitan Pembelajaran Statistika di Sekolah Dasar

Authors

  • Amin Lestari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sumardi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Kesulitan Pembelajaran Statistika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika pada materi statistika khususnya yang berkaitan dengan mean, median dan modus. Peneliti juga berusaha mencari alternatif solusi untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 6A SDN Gemolong 2 sebanyak 22 peserta didik yang dipilih secara purposive. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan dua kategori kesulitan, yaitu terkait dengan pemahaman konsep dan penerapannya rumus mean, median, dan modus. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat dua kesulitan yang dialami peserta didik pada materi statistika. Peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep mean, median, modus, dan kesulitan dalam penerapan rumus mean, median dan modus pada data yang disajikan dalam bentuk tabel. Untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam pemahaman konsep mean, median dan modus hendaknya guru menjelaskan definisi dan kegunaan dari ketiganya dengan melibatkan peserta didik secara langsung dalam mengkonstruksi rumus. Sementara untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam penerapan rumus mean, median dan modus dalam bentuk tabel, guru diharapkan mampu menjelaskan tentang tabel tambahan yaitu frekuensi dikali data (f.x) dan frekuensi komulatif untuk mempermudah mencari mean, median dan modus.

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Amin Lestari, Budi Murtiyasa, & Sumardi. (2024). Kesulitan Pembelajaran Statistika di Sekolah Dasar. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 22–27. Retrieved from https://jurnaljpsla.umpb.ac.id/index.php/LenteraArfak/article/view/5