Analisis Kemampuan Peserta Didik terhadap Literasi Statistis dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi
Keywords:
Literasi Statistis Pembelajaran Matematika Masa PandemiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan literasi statistis pada peserta didik selama pembelajaran daring di masa pandemi, serta mengetahui gambaran kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep statistika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 23 peserta didik kelas V SDN 03 Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan literasi statistis dengan cakupan materi tes yaitu materi statistika. Penelitian ini menghasilkan perolehan presentase kemampuan literasi statistis peserta didik yang masih rendah di setiap indikatornya. Kemampuan peserta didik pada indikator menginterpretasikan data memiliki presentase terbesar, yaitu 65%. Dan pada indikator menyajikan data memperoleh presentase paling rendah, yaitu 47%. Sebagian peserta didik masih belum dapat memahami konsep statistika dengan baik sehingga tidak mampu menyajikan data dan memberikan kesimpulan statistik dengan tepat.