Analisis Kemampuan Peserta Didik terhadap Literasi Statistis dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi

Authors

  • Listiana Dewi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yulia Maftuhah Hidayati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sumardi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anatri Destya Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Literasi Statistis Pembelajaran Matematika Masa Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan literasi statistis pada peserta didik selama pembelajaran daring di masa pandemi, serta mengetahui gambaran kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep statistika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 23 peserta didik kelas V SDN 03 Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan literasi statistis dengan cakupan materi tes yaitu materi statistika. Penelitian ini menghasilkan perolehan presentase kemampuan literasi statistis peserta didik yang masih rendah di setiap indikatornya. Kemampuan peserta didik pada indikator menginterpretasikan data memiliki presentase terbesar, yaitu 65%. Dan pada indikator menyajikan data memperoleh presentase paling rendah, yaitu 47%. Sebagian peserta didik masih belum dapat memahami konsep statistika dengan baik sehingga tidak mampu menyajikan data dan memberikan kesimpulan statistik dengan tepat.

Author Biography

Listiana Dewi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darma, B.. Literasi: Jati Diri dan Eksistensi, dalam Membangun Budaya Literasi. Proseding Seminar Nasional. 2014.Surabaya: FBS Unesa

Dasari, D. (2006). Kemampuan Literasi Statistis dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–9.

Forbes, S., Camden, M., Pihama, N., Bucknall, P., and Pfannkuch, M. (2011). Ofïcial Statistics and statistical literacy: They need each other. Statistical Journal of the IAOS 27 (2011) 113–128.

Fardillah, F., Nurlaelah, E., & Sabandar, J. (2019). Keterkaitan Kemampuan Literasi dan Disposisi Statistis Mahasiswa Melalui Rigorous. Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 1.

Fiqih Fadillah & Dadang Rahman Munandar. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Dalam Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Volume 4, No. 5, September 2021

Hafiyusholeh, M. (2015). Literasi statistik dan urgensinya bagi siswa. WAHANA, 64(1).

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Literasi Statistika Mahasiswa Adminitrasi Publik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 134–146.

Kemendikbud. (2020). Adaptasi pembelajaran berorientasi literasi dan numerasi.

Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Materi Statistika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 205. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.640

Moeller, S., Joseph, A., Lau, J., & Carbo, T. (2011). Towards Media and Information Literacy Indicator. Paris: UNESCO

Priyambodo, S., & Maryati, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 273–284. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.496

Schield, M. Statistical Literacy: Thinking Critically about Statistics, Journal “Of Significance” Produced by the Association of Public Data Users. 2013. http://web.augsburg.edu/~schield/MiloPapers/ 984StatisticalLiteracy6.pdf.

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil kemampuan literasi numerasi di masa pandemi cov-19. KoPeN : Konferensi Pendidikan Nasional, 3(101), 253–261.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

UNESCO,Understandings of Literacy, Education   for   All   Global   Monitoring   Report.2006. http://www.unesco.org/education/ GMR2006/full/chapt6_eng.pdf

Wallman,  Katherine  K.  Enhancing  Statistical  Literacy:  Enriching  Our  Society.    Journal  of  the  American Statistical Association, 1993. Vol. 88. No. 421. PP. 1-8

Watson, J. M. (2003). Statistical Literacy at the School Level : What Should Students Know and Do ? University of Tasmania, Faculty of Education

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Listiana Dewi, Budi Murtiyasa, Yulia Maftuhah Hidayati, Sumardi, & Anatri Destya. (2024). Analisis Kemampuan Peserta Didik terhadap Literasi Statistis dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1). Retrieved from https://jurnaljpsla.umpb.ac.id/index.php/LenteraArfak/article/view/4