ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV BERDASARKAN PROSEDUR POLYA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Keywords:
Kesalahan, Soal cerita Matematika, SPLDV, Gaya BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk untuk menganalisis kesalahan dan apa saja jenis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal SPLDV berdasarkan prosedur Polya ditinjau dari gaya belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa program studi Pendidikan matematika semester 6 dan 8 STKIP Muhammadiyah Manokwari. Kemudian dipilih 4 mahasiswa yang terdiri dari 2 mahasiswa dengan gaya belajar Kinestetik dan 2 mahasiswa dengan gaya belajar gabungan (Auditori dan Kinestetik). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu mahasiswa dengan gaya belajar kinestetik melakukan kesalahan pada tahap membuat rencana dan melaksanakan rencana penyelesaian, mahasiswa dengan gaya belajar gabungan melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah dan melihat kembali. Kesalahan pada tahap memahami masalah disebabkan karena mahasiswa kurang teliti dalam membaca soal sehingga mahasiswa langsung membuat persamaan dari soal tersebut namun sebenarnya mahasiswa sudah paham apa yang diketahui dan ditanyakan, kesalahan pada membuat rencana dikarenakan tidak membuat permisalan variabel dan membuat model matematika. Kesalahan pada tahap melaksanakan karena pada langkah sebelumnya telah melakukan kesalahan sehingga untuk mengoperasikan bilangan mahasiswa tersebut kebingungan. Kesalahan melihat kembali karena setelah mendapatkan jawaban mahasiswa tersebut sudah tidak ingin melihat kembali hasil jawabannya.