PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MELALUI TEKNIK DENGAR-CERITA BERGAMBAR PESERTA DIDIK FASE A SD MUHAMMADIYAH 1
Keywords:
Keterampilan Menyimak, Dongeng, Teknik dengar, Cerita bergambarAbstract
Penelitian ini dilaksanakan atas siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyimak dongeng Fase A SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan keterampilan menyimak dongeng dan teknik dengar-cerita. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes. Teknik tes berupa hasil menceritakan isi dongeng dengan Teknik dengar cerita. Teknik analisis data kualitatif menggunakan deskripsi kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimak dongeng dengan teknik dengar-cerita bergambar. Nilai rata-rata kelas pada tahap siklus I sebesar 62,35. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 70,71. Setelah menggunakan teknik dengar- cerit bergambar juga terjadi perubahan tingkah laku siswa. Siswa yang sebelumnya kurang antusias terhadap pembelajaran menyimak dongeng menjadi antusias, senang, dan tertarik setelah mengikuti.