PEMANFAATAN OBAT TRADISIONAL DALAM KONTEKS PENDIDIKAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KESEHATAN
Keywords:
Obat tradisional, Pendidikan Biologi, Kesadaran Kesehatan, KonservasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan pengetahuan tentang obat tradisional dalam pembelajaran biologi guna meningkatkan kesadaran siswa terhadap kesehatan dan konservasi keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan siswa kelas XI jurusan IPA, guru biologi, dan tokoh masyarakat sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pembelajaran, pengetahuan siswa tentang obat tradisional dan kesadaran kesehatan masih rendah, dengan rata-rata pemahaman sebesar 40%. Setelah implementasi pembelajaran berbasis proyek, yang meliputi eksplorasi tumbuhan obat, diskusi, dan presentasi, terjadi peningkatan signifikan pada pemahaman siswa, dengan rata-rata mencapai 85%. Siswa menjadi lebih memahami manfaat obat tradisional, cara pengolahannya, serta pentingnya pelestarian tumbuhan obat untuk kesehatan dan lingkungan. Penelitian ini juga menemukan bahwa pendekatan berbasis proyek meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan relevansi materi biologi dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, kolaborasi dengan tokoh masyarakat memberikan pengalaman belajar yang autentik dan memperkuat hubungan antara pendidikan formal dan pengetahuan lokal. Pemanfaatan obat tradisional dalam pembelajaran biologi efektif untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap kesehatan dan konservasi, sekaligus memperkaya pengalaman belajar mereka. Penelitian ini merekomendasikan pengintegrasian tema obat tradisional ke dalam kurikulum pendidikan biologi sebagai langkah strategis untuk melestarikan kearifan lokal dan mendukung pembelajaran yang holistik.