Kesulitan Penyajian Data Diagram Lingkaran pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sundari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yulia Maftuhah Hidayati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anatri Destya Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sumardi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Penyajian Data Diagram Lingkaran

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menganalisis kesulitan dan solusi dalam penyajian data diagram lingkaran pada siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data dianalisis dengan model Milles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan siswa dalam penyajian data diagram lingkaran di antaranya kesulitan dalam: (1) memahami konsep materi; (2) menghitung bilangan persentase dan derajat; (3) mengubah bilangan persentase dan derajat ke dalam representasi lain dan sebaliknya; (4) menggunakan rumus; (5) menjelaskan sajian data. Faktor penyebabnya yaitu karena rendahnya kemampuan: (1) pemahaman konsep; (2) minat dan motivasi belajar; (3) pemecahan soal; (4) ketelitian; (5) bernalar; (6) partisipasi siswa (teacher center); (7) partisipasi orang tua. Solusi alternatif yaitu: (1) mengidentifikasi siswa; (2) memetakan kesulitan dan penyebabnya; (3) menerapkan media, model, dan metode pembelajaran interaktif; (4) penjelasan materi mudah dipahami; (5) memberikan latihan soal variatif dan melibatkan siswa mengkontruksi rumus; (6) memotivasi siswa; (7) bekerja sama dengan orang tua.

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Sundari, Budi Murtiyasa, Yulia Maftuhah Hidayati, Anatri Destya, & Sumardi. (2024). Kesulitan Penyajian Data Diagram Lingkaran pada Siswa Sekolah Dasar. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1). Retrieved from https://jurnaljpsla.umpb.ac.id/index.php/LenteraArfak/article/view/3