Kesulitan Penyajian Data Diagram Lingkaran pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Penyajian Data Diagram LingkaranAbstract
Penelitian dilakukan untuk menganalisis kesulitan dan solusi dalam penyajian data diagram lingkaran pada siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data dianalisis dengan model Milles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan siswa dalam penyajian data diagram lingkaran di antaranya kesulitan dalam: (1) memahami konsep materi; (2) menghitung bilangan persentase dan derajat; (3) mengubah bilangan persentase dan derajat ke dalam representasi lain dan sebaliknya; (4) menggunakan rumus; (5) menjelaskan sajian data. Faktor penyebabnya yaitu karena rendahnya kemampuan: (1) pemahaman konsep; (2) minat dan motivasi belajar; (3) pemecahan soal; (4) ketelitian; (5) bernalar; (6) partisipasi siswa (teacher center); (7) partisipasi orang tua. Solusi alternatif yaitu: (1) mengidentifikasi siswa; (2) memetakan kesulitan dan penyebabnya; (3) menerapkan media, model, dan metode pembelajaran interaktif; (4) penjelasan materi mudah dipahami; (5) memberikan latihan soal variatif dan melibatkan siswa mengkontruksi rumus; (6) memotivasi siswa; (7) bekerja sama dengan orang tua.