TEACHING ENGLISH USING POPULAR SONG
Keywords:
Teaching, Popular SongAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan lagu populer untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa di SMPN 04 Manokwari. Penelitian ini dibagi dalam dua kelompok, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas VIII A pada kelompok eksperimen dan 32 siswa kelas VIII D pada kelompok kontrol. Dalam penelitian ini kelas eksperimen dilatih dengan menggunakan lagu-lagu berbahasa Inggris terkenal sebagai media dalam pengajaran mendengarkan, sedangkan kelas kontrol dilatih dengan cara umum. Pre-test dan Post-test merupakan instrumen penelitian, sedangkan kuantitatif dengan uji-t sebagai cara pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa penggunaan media lagu populer berbahasa Inggris efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Terlihat dari hasil perhitungan bahwa nilai siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa (to = 4,038) lebih besar dari (tt = 1,999). Artinya penggunaan lagu populer efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa.