PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA MELALUI MODEL NHT (Numbered Heads Together) KELAS 2 SDN WATUALANG 3 KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI
Keywords:
Meningkatkan Kemampuan Menyimak, Numbered Heads TogetherAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas 2 SDN Watualang 3 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi terhadap kemampuan menyimak. 2). Peningkatan kemampuan belajar siswa dalam kemampuan menyimak dengan NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas 2 SDN Watualang 3 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Penelitian yang dilaksanakan di SDN Watualang 3, Aktifitas keseluruhan dilaksanakan selama 3 bulan menggunakan pendekatan Kualitatif, jenis penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 sejumlah 8 siswa di SDN Watualang 3 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis dalam penelitian ini akan dilakukan selama dan sesudah Tindakan penelitian. Data yang diperoleh dari setiap Teknik analisis data akan saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Dari penelitian ini diperoleh nilai presentase ketuntasan kelas secara klasikal mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Pada Siklus I siswa mendapat perolehan rata-rata nilai sebesar 70,75% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 88,50%. Dengan demikian presentasi ketuntasan siswa dalam pembelajaran kemampuan menyimak meningkat secar signifikan yaitu pada siklus I sebesar 50% meningkat pada siklus II sebesar 100% melebihi ketuntasan klasikal sebesar 75%. Peningkatan pada siklus ini disebabkan oleh interaksi siswa serta peranan guru dalam pemberian bimbingan dan rangsangan/sanjungan terhadap siswa, sehingga terjadi perubahan tingkah laku anak menjadi lebih baik dan meningkat.