Implementasi Media Pembelajaran Bangun Ruang Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika

Authors

  • Linda Yemima Rawar STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Teguh Santoso STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Gilang Ary Sandy STKIP Muhammadiyah Manokwari

Keywords:

Minat Belajar, Media Pembelajaran, Bangun Ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar matematika melalui pengunaan alat peraga. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 09 Kebar tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi minat belajar matematika siswa, angket minat dan wawancara. Subyek penelitian tindakan kelas ini siswa kelas VIII A dengan jumlah siswa 28 orang. Berdasarkan hasil observasi dan angket pada pra siklus minat belajar siswa terhadap matematika yaitu 48,42% dan pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 64,27%. Kemudian pada siklus II minat belajar siswa dengan menggunakan alat peragga bangun ruang meningkat menjadi 85,70%. Berdasarkan data tersebut penggunaan alat peraga bangun ruang pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa dan dapat membantu siswa lebih mudah memahami dan mengerti pelajaran.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Linda Yemima Rawar, Teguh Santoso, & Gilang Ary Sandy. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Bangun Ruang Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1). Retrieved from https://jurnaljpsla.umpb.ac.id/index.php/LenteraArfak/article/view/15