Studi Kasus Pengetahuan Praktis Guru dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing di SD Inpres 52 Mansaburi
Keywords:
Pengetahuan Praktis, Bahasa Inggris SD, Bahasa Inggris sebagai bahasa asingAbstract
Penelitian ini mengkaji pengetahuan praktis guru bahasa Inggris tingkat SD di SD Inpres Mansaburi dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Melalui wawancara semi-terstruktur, observasi kelas, dan jurnal reflektif, ditemukan bahwa pengetahuan praktis guru terbentuk dari pengalaman lapangan dan refleksi berkelanjutan terhadap interaksi dengan siswa. Pengetahuan ini tidak hanya dibangun melalui teori pembelajaran bahasa, tetapi juga melalui integrasi prinsip situasional, teoretis, personal, sosial, dan pengalaman. Hasil ini mendukung pandangan bahwa pengetahuan praktis bersifat dinamis, disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan konteks pengajaran. Dalam pembelajaran, guru menerapkan strategi scaffolding, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, serta menyesuaikan pendekatan berdasarkan kondisi di lapangan. Kesimpulannya, pemahaman mendalam tentang pengetahuan praktis guru dapat memperkaya program pelatihan guru dengan menekankan integrasi teori dan praktik.