Analisis Faktor Kesulitan Siswa Dalam Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI di MAN Manokwari

Authors

  • Ricky Arjuna STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Sulistyahadi STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Kartini STKIP Muhammadiyah Manokwari

Keywords:

Kesulitan Siswa Belajar Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Manokwari, pembelajaran di sekolah ini lebih mengutamakan atau memfokuskan siswa pada pembelajaran Agama Islam secara mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti mengumpulkan data dengan melakukan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti, siswa memiliki beberapa penyebab kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Ada beberapa penyebab yang mempengaruhi, antara lain: tata bahasa yang buruk, kurangnya perbendaharaan kata, kecemasan. Berdasarkan wawancara siswa merasa miskin dalam tata bahasa. Hampir semua siswa berada dalam penguasaan tata bahasa Inggris yang rendah. Kosakata, dalam pola ini permasalahan siswa adalah kurangnya kosakata, sehingga siswa tidak dapat berlatih bahasa Inggris dengan teman-temannya. Siswa masih belum memiliki semangat dan usaha yang kuat untuk menguasai bahasa Inggris sendiri. Kecemasan, sebagian besar dari siswa mengatakan bahwa siswa malu, gugup dan takut membuat kesalahan ketika siswa belajar bahasa Inggris. Siswa takut guru akan marah jika siswa melakukan kesalahan saat belajar bahasa Inggris.

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Ricky Arjuna, Sulistyahadi, & Kartini. (2024). Analisis Faktor Kesulitan Siswa Dalam Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI di MAN Manokwari. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 52–59. Retrieved from https://jurnaljpsla.umpb.ac.id/index.php/LenteraArfak/article/view/10