Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya Pada Materi Sistem Persmaan Linea Dua Variabel Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jayapura Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa
Keywords:
Pemecahan Masalah, Polya, Kemampuan PenalaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jayapura berdasarkan langkah-langkah Polya bagi siswa yang tergolong berpenalaran tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan langkah-langkah polya yang dihadapi dengan menggunakan semua bekal pengetahuan matematika yang dimiliki secara integrative dengan langkah polya. Lokasi penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 1 Jayapura pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian berjumlah 32 orang. Dari kelas tersebut kemudian dikelompokan menjadi berpenalaran tinggi, sedang dan rendah berdasarkan pertimbangan/pendapat guru dengan memperhatikan kemampuan siswa mengemukakan pendapat/jalan pikirannya secara lisan dan tulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Siswa dengan kemampuan penalaran tinggi dapat melalui keempat tahapan polya dengan baik sesuai dengan yang diharapkan (2) Siswa dengan kemampuan penalaran sedang dapat melalui keempat tahapan polya dengan baik (3) Siswa dengan kemampuan penalaran rendah hanya dapat melalui dua tahap langkah polya.